Kamis, 19 April 2012

STUKTUR DASAR SISTEM SARAF

   SISTEM SARAF

    Secara setuktural sistem saraf manusia terbagi menjadi dua yaitu sistem saraf pusat ( sistem saraf sentral ) dan sistem saraf  tepi ( sistem saraf prifer ). organ-organ yang termasuk sistem saraf pusat adalah otak ( brain atau encephalon ) , dan sumsum belakang ( sepinal cord / medula sepenalis ). sistem saraf merupakan pusat pengendali semua aktivitas saraf, disini semua informasi atau rangsangan yang masuk akan diolah lalu di tanggapi untuk direspon, sedangkan susunaan saraf tepi berperan dalam menghantarkan rangsangan dari organ efektor menuju saraf pusat ( melalui peran saraf sensoris a0. dan mengirim tanggapan atau respon dari saraf pusat menuju organ-organ efektornya ( melalui peran saraf mtorik ).
d

 SISTEM SARAF PUSAT

    Sistem saraf terdiri dari otak ( brain enche palon ) dan sumsum belakang  (  medulla sepenalis ) yang mempunyai berbagai pusat pengendali dengan fungsi yang sama berbeda-beda.di dalam sistem ini terjadi peroses analisasi informasi yang masuk dan mengintregasinya.

1. OTAK

      otak merupakan organ pusat koordinasi utama. Didalam otak semua kegiatan tubuh dikendalikan volume otak kira-kira 1200-1500 ml dengan berat rata-rata 1,5 gr otak terdiri dari 4 bagian yaitu :
Otak kecil (cerebelum), otak tengah ( mesensefalon) dan sumsum lanjutan ( medula Onlongata) otak dilindungi oleh tulang ternkorak yang keras dan diselaputi oleh selaput otak yang disebut selaput meninges,

a. Otak Besar ( Cerebrum)

     cerebrum merupakan bagian terbesar otak memiliki 2 belahan utama  ( hemisphere ), yakni belahan kanan  ( hemisphere dextra ) dan belahan kiri,  ( hemisphera sinetra ) belahan otak kanan . berfungsi bagian tubuh kiri , sedangkan belahan otak kiri melayani tubuh bagian kanan.
cerebrum memiliki  permukaan yang berlipat-lipat dan berkelok-kelok mengandung miliyaran neor
      otak besar di bagi 4 bagian  :
. ( lobus frontalis  ) ubun-ubun, ( lobus farietalis ) sisi samping , ( temporalis ) sisi belakang, ( lobus oksipetalis ) berperan sebagai pusat pengingat.

b. Otak kecil ( cereblum )

     terdiri dari belahan kiri dan belahan kanan , permukaan cereblum berlipat-lipat mirip pada cerebrum tetapi  lipatanya lebih kecil, cereblum berfungsi sebagai pusat pengatur aktivitas sadar, sebagai pusat keseimbangan tubuh, pusat koordinasi seluruh aktivitas tubuh,

c. batang otak ( brain stem )

    terdiri dari : diensifalon, mesensefalon, pons varoli, dan medulla oblongata.
  - diensfalon : merupakan bagian batang otak paling atas, trletak antara cereblum dan mensesfalon.
  - mesensefalon : berfungsi sebagai pusat pengatur gerak mata dan kelopak mata , sebagai pusat  pengatur     suhu , keseimbangan cairan tubuh , serta makan metabolisme lemak dan karbohidrat dan tekanan darah dan tidur.
- pons varoli : berperan sebagai penghubung antara kedua bagian cerebllum dan juga penghubung cerebllum dan dengan medula oblongata .
- medulla oblongata : berfungsi menghantar implus yang datang dari medula sepenalis menuju ke otak


OTAK MANUSIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar