Selasa, 17 April 2012

SISTEM KARDIOVASKULER

      Kardiovaskuler berasal dari kata " cardiac" yang berarti jantung  dan  " vascular" berarti pembuluh darah .jadi yang dimaksud istilah kardiovaskuler adalah berarti hal-hal yang berhubungan dengan jantung  ( heart ), pembuluh darah (vessel). dan darah (blood). sistem kardiovaskuler adalah sistem sirkulasi yang berperan dalam menyaluran / mendistribusikan zat-zat dalam tubuh kita, dan menjaga setabilitas / keseimbangan cairan tubuh.
3 aspek penting yang berperan dalam sistem ini, yakni :
  • jantung (berpeeran sebagai pompa darh keseluruh tubuh ),
  • pembuluh darah ( berfungsi sebagai media/ tempat dimana darah di angkut dan di alirkan ),
  • darah ( sebagai bagian yang berperan  pengangkut oksigen dan zat-zat giji, juga membawa sisa-sisa  hasil metabolisme).
      Darah adalah cairan untuk kehidupan, iia mengangkut oksigen (o2) yang diperoleh  dari paru-paru keseluruh jaringan tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari jaringan tubuh melalui sistem pernafasaan.
darah juga merupakan cairan penting untuk pertumbuhan, iia mendistribusikan zat|-zat gizi yang berasal dari makanan melaui pencernaan, dan menyalurkan hormon kekelenjar dari kelenjar lkeseluruh tubuh.
darah juga berperan dalam sistem pertahanan ( imunitas ) tubuh terhadap penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang merugikan, menjaga keseimbangan tubuh, serta terlibat dalam peroses pembersihan sisa-sisa metabolisme  tubuh melalui sistem eksresi.
      tanpa darah, niscaya semua fungsi tubuh manusia akan berhenti berkerja.ketidaksediaan darah, bagi manusia adalah kematian. tidak sedikit pun dari bagian tubuh manusia membutuhkan darah,
maka dari itu adanya sistem kardiovaskuler akan menjaga kesetabilan untuk manusia.



 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar