Minggu, 15 April 2012

PARMAKOLOGI

OBAT ANTI MALARIA

  Penyakit alaria adalah suatu penyakit ang menular yang banyak diderita oleh penduduk di daerah topis
dan subtropis. penyakit tersebut semula banyak ditemukan di daerah rawa rawa dan dikira disebabkan oleh udara rawa yang buruk sehngga dikenal sebagai malaria ( MAL = jelek, ARIA = Udara ).
saeiring berkembangnnya ilmu kedoketeran, pendapat tersebut dipatahkan oleh berbagai data temuan yang mutakhir. ternyata penyakit malaria disebabkan oleh protozoa jenis Sprorozoa yang hidup didalam darah manusia yang disebut Plasmodium. bila Plasmodium masuk kedalam sel darah ( eritrosit) maka plasmadium akan merusak sel darah merah. dengan perantara nyamuk Anoveles. Plasmodium masuk kedalam darah manusia dan berkembangbiak dengan membelah diri.
Ada 4 macam Plasmodium yang menyebabkan malaria yakni :
1. Plasmodium Falciparum adalah penyebab penyakit malaria Tropika jenis malaria ini merupakan jenis malaria yang paling ganas dan apabila tidak diobati bisa menimbulkan kematian. Ini dikarenakan banyaknya sel darah merah (eritrosit) yang rusak akibat plasmodium.
2. Plasmodium Vivax adalah penyebab malaria Terusyana. Plasmodium Vivax menyebabkan demam berkala tiap tiga hari malaria. Malaria jenis ini tidak menyebabkan kematian meskipun tanpa pengobatan tapi seringkali menimbulkan kekambuhan.
3. Plasmodium Ovale adalah penyebab penyakit malaria ovale plasmodium ovale juga menyebabkan demam berkala tiap tiga hari dan sering timbul kekambuhan.
4. Plasmodium malaria adalah penyebab malaria Kuartana disini plasmodium menyebabkan demam berkala 4 hari sekali



Tidak ada komentar:

Posting Komentar