Senin, 23 April 2012

Katup-katup pada jantung

                                              katup-katup pada jantung

untuk menjaga agar aliran darah di dalam ruang-ruang jantung tetap dalam satu darah maka jantung di lengkapi dengan katup ( valve ). 

  • Katup trikuspid katup trikuspid yang terdiri dari 3 daun katup, ia memisahkan antara atrium kanan dan vartikel kanan, katup trikuspid membuka untuk mengalirkan darah yang miskin akan oksigen yang di kumpulkan di artrium kanan mengalir ke vartikel kanan apabila vartikel berkontraksi ( SISTOLE )  katup trikuspid ini akan menutup untuk menjegah darah yang berada di vartikel kanan kembali ke artrium kanan. senentara itu katup paru (  katup pulmonari ) membuka untuk mengalirkan darah ke arteri paru-paru  ( arteri pulmonalis )


    • katup pulmonari katup paru  ( katup pulmonari ) memisahkan vartikel kanan dari arteri paru-paru ( arteri pulmonalis ) ini akan membuka untuk membiarkan darah oksigen untuk di kumpulkan di vartikel kanan mengalir ke paru-paru ini menutup ssebagai vartikel santai, menjegah darah kembali ke jantung.
    • katup mitral ( bicuspid ) katup mitral memisahkan artrium kiri dari vartikel kiri katup ini membuka pada saat darah beroksigen yang terkumpul di artrium kiri mengalir ke vartikel kiri, katup mitral menutup sebagai akibat vartikel kiri berkontraksi, jadi katup mitral ini berfungsi menjegah darah yang telah berada di vartikel kiri kembali ke artrium kiri dengan demikian darah akan di pompa keluar melalui katup aorta ke aorta.
    • katup aorta adalah katup yang memisahkan vartikel kiri ke dari aorta. ia akan membuka untuk mengalirkan darah beroksigen di vartikel kiri mengalir ke seluruh tubuh melalui aorta.ini aorta mentup aorta menutup pada saat vartikel relaksi untuk menjegah darah yang telah berada di aorta kembali ke vartikel kiri


    PEMBULUH DARAH

    pembuluh darah adalah asaluran atau media di mana darah di distribusikan ke seluruh jaringan tubuh, menurut sifat aliran darahnya ada dua jenis pembuluh darah yakni :
    1.  pembuluh darah arteri, yakni pembuluh darah yang arah alirannya meninggalkan jantung dan
    2. pembuluh darah vena, yakni pembuluh darah yang arah alirannya kembali menuju jantung. 
    pembuluh darah terdiri dari dua sisrtem tertutup yang bila di mulai di jantung akan berakhir pada jantung lagi  yaitu : 
  • pembuluh darah paru  
              melalui arteri pulmonalis darah akan di alirkan dari vartikel kanan ke paru-paru jadi arteri pulmonalis berisukan darah kotor  yang akan di alirkan ke paru-paru. setelah nencapai paru-paru darah akan mengalami peroses pertukaran gas antara oksigen dan karbondioksida.
  • pembuluh darah sistemik      
               darah yang kembali ke jantung ( artrium kanan ) di bawa oleh vena cava. pembuluh darah ini berisikan darah yang miskin akan oksigen sedangkan darah bersih yang berada di vartikel kiri akan di pompakan ke seluruh jaringan tubuh melalui pembuluh arteri yang besar yakni aorta.   





berdasrkan setuktur dan fungsi pembuluh darah diklafikasikan sebagai berikut :
  1. arteri dan arterol pembuluh darah ini mengangkut darah keluar ke jantung berisikan darah bersih (darah yang kaya akan oksigen ) 02 kecuali arteri pulmonalis yang membawa darah yang kaya akan karbondioksida co2 dari vartikel kanan menuju paru-paru.arteri berfungsi sebagai media transport  darah dengan tekanan tinggi dari jantung menuju jaringan.
  2. kapiler kapiler merupakan pembuluh darah terkecil dan jumlah paling banyak ia menhubungkan antara pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung dan pembuluh vena yang membawa darah kembali ke jantung.
  3. vena dan venula pembuluh darah ini membawa darah menuju jantung.

1 komentar:

  1. Wah indormasinya bermanfaat sekali, sayangnya penggunaan tata bahasanya perlu diperbaiki.

    BalasHapus